Pengertian Fungsi Kapasitor Start dan Running Pada Motor Listrik

Fungsi Kapasitor Start - Peranan kapasitor start serta running begitu perlu pada motor listrik di piranti elektronik tempat tinggal yang memakai motor sebut saja umpamanya kompresor pada kulkas, AC, mesin pencuci, maupun pompa air. Aplikasi kapasitor pada motor dapat dengan pemasangan dengan seri maupun dengan paralel yang dipadukan dengan kumparan bantu.

Yang paling banyak dipakai yaitu pada outdoor AC split di mana untuk komponen ini memakai satu kapasitor dengan kisaran nilai 15 uF sampai 50 uF bergantung berapakah besar pk AC itu serta tegangan 400 volt memiliki bentuk sendiri cukup gampang dikenali karna berupa tabung dengan casing di bagian luar komponen ini memakai alumunium serta cukup besar.

Pengertian Fungsi Kapasitor Start dan Running Pada Motor Listrik

Peranan dari starting kapasitor ini yaitu sesuai sama namanya yakni untuk menolong rotasi awal motor listrik waktu pertama dinyalakan hingga lebih halus, perlu untuk diketahui untuk kompressor waktu pertama dinyalakan dibutuhkan torsi start atau tenaga yang besar serta kapasitor dalam hal semacam ini berperan lewat cara memakai muatan listrik yang disimpan untuk dialirkan ke kumparan bantu motor itu hingga bila motor telah berputar-putar usai lah pekerjaan type kapasitor ini. Karna seperti yang kita kenali satu diantara peranan kapasitor yaitu menaruh muatan listrik.

Biasanya tegangan kapasitor untuk start cukup besar dapat sekitar 300 – 475 Volt karna segera tersambung ke jala listrik. Type yang umumnya digunakan dapat dari memiliki bahan kertas, minyak atau bahkan juga elektrolit. Nilai yang umum dipakai yakni 15 uF sampai 50 uF pada AC, pada kompresor kulkas atau pompa air nilainya pasti lebih kecil.

Bila kapasitor ini rusak jadi tanda yang muncul yaitu :

  • Motor kompresor sekalipun tidak ingin berputar-putar waktu pertama dinyalakan karna minimnya saya yang dibutuhkan 
  • Pada type AC dengan kompresor yang lebih kecil dapat mengakibatkan motor bergetar/kurang halus 
  •  Kompresor overheat atau sangat panas, karna arus listrik selalu masuk ke kumparan paling utama motor sedang kipas tidak bekerja karna motor tidak berputar-putar serta tak ada aliran udara (dari fan) 

Pengertian Fungsi Kapasitor Start dan Running Pada Motor Listrik

Kapasitor Running 

Sedang peranan kapasitor running yakni agar rotasi motor listrik dapat jadi lebih halus serta rata. Biasanya nilai kapasitansi lebih kecil dari kapasitor start, tidak ada kapasitor running dapat mengakibatkan motor jadi lebih berisik, meningkatnya mengkonsumsi arus listrik serta meningkatnya suhu motor hingga jadi overheat.

Peranan yang lain running kapasitor yakni otomatis dapat melakukan perbaikan aspek daya serta dampaknya kelak penghematan listrik, hal semacam ini dapat berlangsung karna ada perbaikan aspek daya jadi cos phie 0, 8 – 1, 0

Diluar itu kapasitor dapat juga dipakai untuk melakukan perbaikan aspek daya pada tegangan jala jala (PLN), yang beresiko pada penghematan penggunaan listrik karena nilai aspek daya cukup baik yakni cos phi 0. 8-1. 0. Kapasitor running didesain agar selalu bekerja non stop sepanjang motor listrik bekerja apabila diliat dari kapasitansi nya lebih kecil dari start kapasitor, sekitar 1. 5uF hingga 100 uF.

Bila ada rusaknya pada jadi tandanya yaitu :

  • Motor jadi lebih berisik 
  • Meningkatnya mengkonsumsi arus listrik 
  • Pada kompresor bila dilewatkan rusaknya terus-terusan dapat mengakibatkan lilitan kompresor terbakar karna overheat

Pengertian Fungsi Kapasitor Start dan Running Pada Motor Listrik

Terkecuali ke-2 type kapasitor diatas ada pula kapasitor start-running yang disebut kombinasi ke-2 type di atas, hingga pada kakinya ada 3 kaki serta umumnya banyak dipakai pada outdoor AC.

Tag : kapasitor, peranan kapasitor pada motor, peranan kapasitor pada dinamo, peranan capasitor, ketidaksamaan kapasitor running serta starting, kapasitor starting, kapasitor kulkas, peranan kapasitor pada motor 1 fasa, ketidaksamaan kapasitor running serta stating, starting kapasitor

8 komentar:

  1. Silahkan hapus semua artikel rewrite dari blog panduanteknisi.com beserta gambar yg dicopy, jika tidak ada jawaban selama 1 minggu saya laporkan site ini untuk mengcopy content tanpa ijin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jjjjjjiiokkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkjjjgffghhhhhfrdfyuunnyy5rrfggj98 aldous hrhdjdjdjddjdjd

      Hapus
  2. Jngan main lapor aja lah bro..sama ilmu pun pelit amat😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan pelit itu bro, tapi yang namanya copy paste content itu ada etikanya. Harus mencantumkan sumber link nya.

      Sementara di blog ini ada bbrapa artikel hasil copy dari web saya.

      Hapus
    2. gambarmu aja masih ada watermark dari website @poersz lol
      hapus blogmu ini bro :D

      Hapus
  3. LANJUT KAN..........!!!!! SEMOGA RIDHO BANG HAJI MERIDHOI.........HEHEHEH

    BalasHapus