Pengertian Dioda Serta Kegunaannya Dalam Elekronika

Pengertian Dioda - Terdapat beberapa sekali type type dioda yang ada dengan beragam jenis manfaat atau peranannya pada suatu rangkaian elektronika. Biasanya yang paling di kenal yaitu dioda penyarah, zener, walau sebenarnya banyak tipe beda yang ada dipasaran serta dipakai dengan luas.

Dioda yaitu komponen semikonduktor yang dapat dipakai pada banyak circuit elektronika, meskipun peranan atau prinsip kerja dioda tetaplah sama yakni menyearahkan gelombang atau arus listrik namun karna karakter nya berlainan hingga aplikasi dioda pada rangkaian juga juga akan berlainan juga bergantung macamnya.

Pengertian Dioda Serta Kegunaannya Dalam Elecronika

Sudah pasti bila dibicarakan semuanya tipe dioda yang ada juga akan begitu panjang terlebih bila dibicarakan lewat cara kerja masing masing dioda, bagaimana aplikasi dioda pada rangkaian elektronika serta yang lain. Namun paling tidak sebaiknya sebagai teknisi harus tahu bukanlah type type dioda yang ada karna siapa tahu dengan ketahui tipe yang ada rekanan teknisi dapat lebih berkreasi dengan komponen semikonduktor yang satu ini.

Dioda Rectifier/Penyearah 

Type dioda yang satu ini tentunya yaitu yang paling banyak dipakai dengan luas serta paling terdapat banyak di toko elektronik. Sesuai sama namanya yakni rectifier atau dioda penyearah yang bermakna peranannya yaitu jadi penyearahan arus AC/ bolak balik jadi arus DC pada suatu rangkaian. Tipe dioda yang satu ini umum dimaksud dioda PN. Karna aplikasi pada rangkaian biasanya pada power suplai jadi umumnya kemampuan nya juga rata rata cukup besar dapat sampai beberapa puluh ampere serta tegangan kerja yang tinggi. Di bawah ini bentuk fisik dioda rectifier serta lambang pada rangkaian :

Pengertian Dioda Serta Kegunaannya Dalam Elecronika

Oia, untuk yang belum juga tahu karna biasanya dipakai jadi penyearah arus jadi ada pula dioda bridge yang sesungguhnya yaitu sama juga dengan dioda rectifier umum cuma saja dipacking dalam satu kesatuan hingga memudahkan pemasangan pada PCB circuit elektronika. Tersebut lambang untuk dioda bridge dan fisknya :

Pengertian Dioda Serta Kegunaannya Dalam Elecronika

Dioda Zener 

Biasanya dioda digunakan lewat cara memberi arah arus maju atau mungkin dengan kata beda berperan jadi penyearah tetapi, namun pada dioda zener arus diberi terbalik atau seakan olah rangkaian di shortkan. Aplikasi dioda zener pada rangkaian yaitu jadi penyetabil tegangan yang dengan kasarnya diparalelkan dengan rangkaian power suplai serta umumnya dipadukan dengan transistor jadi saklar atau transistor penguat arus. Lambang nya ialah seperti berikut :

Pengertian Dioda Serta Kegunaannya Dalam Elecronika

Dioda type ini ada cukup banyak macam pada 2, 4 Volt sampai beberapa ratus volt dengan daya yang beragam juga sampai 50 Watt. Di bawah ini ada contoh pemakaian peranan dioda zener pada rangkaian di mana sumber tegangan suplai yaitu 12 Volt sesudah melalui rangakain sederhana penyetabil tegangan dengan zener output rangkaian jadi stabil 8, 2 VDC. Dengan fisik ukuran dioda yang satu ini umumnya kecil karna memanglah dalam pemakaiannya juga dipadukan dengan transistor penguat arus.

Dioda Varactor/Varicap 

Dioda type ini banyak juga dipakai pada circuit elektronika biasanya modul RF, Osilator serta rangkaian beda yang berubungan dengan frekuesni. Pemakaian dasarnya lebih kurang sama juga dengan zener di mana arus yang dialirkan terbalik. Dengan kasar Varicap ini yaitu paduan pada dioda dengan kapasitor karna didalamnya memanglah ada pelat kapasitor yang nilai kapasitansinya beralih ganti bergantung tegangan yang didapatkan ke kaki kaki dioda itu. Sepengetahuan penulis semakin tinggi tegangan yang didapatkan jadi makin kecil kapasitansi yang didapat. Di bawah ini lambang untuk Dioda Varactor :

Pengertian Dioda Serta Kegunaannya Dalam Elecronika

Dioda Foto/Foto Diode

Bila type yang satu ini banyak dipakai pada rangkaian automatis yang terkait dengan sensor sinar dapat berbentuk system pengaman, saklar automatis serta beda lain. Langkah kerja lebih kurang waktu tubuh komponen terserang sinar jadi dioda juga akan mengalirkan arus satu arah seperti rectifier, arus yang dihantarkan bergantung seberapa besar intensitas sinar yang masuk.

Makin besar atau kuat sinar yang masuk ke dioda jadi makin kecil resistansi diode itu atau arus yang dihantarkan kan menjaddi semakin besar. Oia, untuk yang tahu Lux Mtr., alat ukur untuk mengukur kuat tidaknya intensitas sinar umumnya memakai dioda photo jadi sensornya. Bila pemakaian pada mesin TV seringkali dipakai optocoupler yang yaitu type dioda photo. Di bawah ini simbolnya :

Pengertian Dioda Serta Kegunaannya Dalam Elecronika

Light Emitting Diode/LED

Banyak yang berasumsi kalau lampu LED benar benar yaitu satu lampu, sesungguhnya LED yaitu satu diantara diode yang banyak dipakai. Elektroda atau kaki kakinya juga sama juga mempunyai Katoda (+) serta Anoda (-). Pastinya teman-teman teknisi sudah mengetahui kan manfaat dari LED diode ini? umpamanya saja jadi lampu tanda pada rangkaian, transmisi tanda sinar, serta sudah pasti sekarang ini banyak dipakai jadi panel satu diantara TV datar yakni TV LED.

Langkah kerja dioda LED dapat bersinar saat arus bias mengalir pada juction P serta N. Meskipun cuma untuk lampu saja komponen ini tetaplah memakai semikonduktor serta dapat hasilkan beragam jenis warna meskipun warna asli sesungguhnya yaitu merah. Perubahan dioad type ini saat ini begitu cepat dengan beragam macam serta pemakaian lebih luas, sebut saja pemakaian pada TV atau OLED yang nanti juga akan diterapkan ke smartphone type monitor yang fleksibel, jadi bukanlah sekali lagi cuma untuk tanda ya. Di bawah ini bentuk fisik serta lambang lampu LED pada rangkaian :

Pengertian Dioda Serta Kegunaannya Dalam Elecronika

Dioda Schottky/Dioda SCR 

Type benar-benar sangat banyak serta salah nya ialah SCR yang disebut singkatan dari Silicon Controlled Rectifier sesungguhnya sich lebih serupa transistor karna mempunyai 3 kaki. Ketidaksamaan dengan transistor yaitu bila transistor memiliki kaki Basis, Kolektor serta Emitor jadi pada SCR kakinya yaitu Gate, Katoda serta Anoda hingga dalam simbolnya juga serupa dengan satu dioda yang dilengkap dengan gate.

Langkah kerja dioda SCR yakni saat kaki Gate di beri trigger jadi arus dari Anoda dapat mengalir ke Katoda. Tersebut lambang type dioda ini :

Pengertian Dioda Serta Kegunaannya Dalam Elecronika

Aplikasi dioda SCR banyak dipakai pada rangkaian Inverter, saklar automatis, penguat output vertikal pada TV serta beda lain

Nah sekian type type dioda yang seringkali dipakai, terkecuali yang dijelaskan di atas sesungguhnya masih tetap ada sekali lagi tipe yang lain dengan peranan yang bermacam tetapi setahu saya tidak demikian banyak dipakai pada rangkaian.

Tag :
dioda, jenis macam dioda, type dioda, type type dioda, jenis dioda, peranan dioda, macam2 dioda, type dioda zener, beberapa macam dioda, jenis macam diode

0 komentar

Posting Komentar