TV Rusak Pada Tuner Inilah Analisa dan Perbaikannya

Analisa Rusaknya Pada Tuner TV - Ssesungguhnya tidaklah terlalu susah untuk dikerjakan bila kita ketahui paling tidak langkah kerja tuner tersebut serta data pin kaki yang ada dan sudah pasti type yang dipakai. Pada jenis TV sekarang ini banyak yang memakai tuner dengan kontrol FS (frequency synthesizer) yang seringkali dimaksud juga tuner PLL, ada pula tuner yang umum dipakai pada jenis lama yakni Voltage Synthesizer tuner (VS tuner), dengan sederhana untuk membedakannya pada tuner VS ada kaki VT sedang pada jenis tuner PLL peranan kaku VT ini digantikan oleh SDA SCL.

TV Rusak Pada Tuner Inilah Analisa dan Perbaikannya

Jadi informasi saja spesial di daerah spesifik yang memanglah tidak ada tanda TV dari pemancar, tuner ini tidak dipakai karna umumnya tentu memakai parabola, saluran audio video digital atau semacamnya. Tetapi pada umumnya sudah pasti masih tetap dipakai di TV yang di jual sekarang ini, meskipun sesungguhnya jadi alternatif dapat pula memakai tv tuner untuk laptop serta langkah memasangnya juga begitu gampang.

Rusaknya pada tuner pastinya dapat ditebak dampaknya ke tv jadi tidak dapat terima tayangan dengan baik dapat berbentuk gambar semut semuanya, gambar kurang baik serta beda lain. Sebelumnya meneruskan adakah yang belum juga tahu diagramnya pada blok TV? pada umumnya seperti berikut ini diagram nya :

TV Rusak Pada Tuner Inilah Analisa dan Perbaikannya

Tersebut berikut ini sebagian ciri rusaknya tuner TV yang dirangkum dari sebagian rujukan situs service tv :

1. TV tak ada gambar serta suara 

Untuk tanda rusaknya begini harus dicek dahulu ya apakah antenna serta booster (bila ada) dan pirantinya telah terpasang dengan baik? bila memanglah di pastikan tak ada problem jadi mesti dicek selanjutnya ke pengukuran kaki kaki tuner tv. Jadi contoh di sini menyertakan rangkaian tuner tanpa ada pin SDA SCL

TV Rusak Pada Tuner Inilah Analisa dan Perbaikannya

Serta tersebut skema tuner dengan SDA SCL, cermati juga referesnsi tegangan yang ada mungkin saja dapat menolong analisis servis tv :

TV Rusak Pada Tuner Inilah Analisa dan Perbaikannya

Tersebut berikut ini sebagian keterangan berkaitan kaki kaki tuner bila ada kelainan pada tegangan :

 Pin AGC

AGC yaitu automatic gain control yang peranannya yaitu jadi penguatan automatis. Mengapa dibutuhkan AGC? karna tanda yang di terima ada yang kuat ada pula yang lemah oleh karena itu dibuatkan penyusunan automatis yang dapat ikuti level tanda yang di terima. Langkah kerja AGC yakni semakin kuat tegangan yang datang dari blok IF yang masuk, makin kecil juga tegangan pada pin ini. Rusaknya di bagian AGC tuner sesungguhnya tidak sering berlangsung. Yang seringkali berlangsung yaitu settingan yang kurang cocok saja, namun bila memanglah benar benar rusak tandanya yaitu gambar banyak semutnya.

Tegangan Kontrol (VL)

Bila TV tidak dapat terima saluran UHF seperti jadi nyaris dapat di pastikan tegangan VL yang disebut pin UHF dari IC program bermasalah. – VT (Voltage Tuning)

Voltage Tuning (VT) 

Peranan dari pin VT pada tuner yaitu untuk mengubah frekwensi tuner berdasar pada tegangan yang masuk ke pin VT. Tegangan VT dapat sekitar pada 0 – 33V yang dikontrol oleh pemilih channel dalam hal semacam ini IC Program. Jadi deskripsi kerjanya, saat dikerjakan sistem search saluran TV, wajarnya tegangan pada pin ini juga akan naik bertahap dari 0 sampai 33V. Rusaknya tuner tv cukup seringkali di bagian ini, langkah analisis rusaknyanya bila tegangan 0V atau tak ada sekalipun jadi gambar serta nada akan tidak keluar.

Bila tegangan VT selalu beralih ganti walau sebenarnya tidak dikerjakan sistem search jadi juga akan mengakibatkan gambar tidak stabil terkadang bagus terkadang tidak. Lantas bila tegangan VT tidak menjangkau 33V umumnya beberapa saluran tidak dapat di terima TV umpamanya dari semestinya 10 channel yang dapat terima cuma 5 channel. Pin voltage tuning ini bila pada tuner VS atau jenis lama juga akan beralih ganti tegangannya, sedang pada tuner jenis PLL yang ada SDA SCL tegangan 33V nya fixed/tetaplah.

Pin MB (Tegangan Suplai) 

Yakni pin untuk tegangan suplai pada tuner, pin ini terkadang dimaksud juga BM atau BP, blok tuner begitu tergantung pada tegangan suplai yang di terima oleh tuner. Bila tegangan pada pin suplai ini tak ada jadi dapat di pastikan gambar serta nada tak ada.

Cermati tegangan suplai tuner ini beragam bergantung pada tipe nya ada yang 5V, 9V serta ada pula 12V. Rusaknya pada pin ini yang mengakibatkan tegangan kurang dapat menyebabkan gambar jadi tidak terang/buram. Bila tegangan tidak stabil jadi gambar yang keluar jadi tidak stabil kadang-kadang bagus terkadang buruk.

Pin SDA SCL 

Pin ini umumnya diketemukan pada type tuner PLL yang peranannya yaitu jadi kontrol berdasar pada bus data pada ke-2 pin nya. Pada tuner jenis konvensional peranan dari pin ini digantikan dengan VT, ketidaksamaannya yaitu pada tuner PLL yang memakai SDA SCL untuk menggeser frekuesni tak akan memakai pin VT namun sesuai sama data yang di kirim ke tuner dari IC program hingga dalam hal semacam ini VT juga akan di set dengan automatis sesuai sama data yang di terima dari ic program.

Pin IF 

Pin yang disebut output atau keluaran dari blok tuner yang setelah itu juga akan diolah oleh rangkaian IF. Pada sebagian jenis ada pula yang memakai 2 pin out.

TV Rusak Pada Tuner Inilah Analisa dan Perbaikannya

Nah jadi penambahan tersebut berikut ini terdapat banyak rusaknya yang seringkali berlangsung pada tuner TV :

1. Tidak dapat menangkap tayangan walau sebenarnya antenna telah dalam kondisi baik. Pertama dapat dicek dlu pin untuk konektor dari tuner ke antena karna solderan yang retak. Cukup hanya solder ulang saja telah dapat kembali normal

2. Pada IF out tuner tidak ada tegangan/tanda. Rusaknya peluang di blok mixer serta tuner mesti ditukar.

3. Channel yang telah tersimpan gelombangnya berubah, komponen dioda varaktor nilainya telah beralih atau dapat pula karna sisi IF bermasalah 4. Gambar serta nada terkadang bagus terkadang tidak, peluang modul AGC tidak bekerja. AGC bekerja lewat cara memberi tegangan bias ke pin tuner. Prinsipnya makin kuat tanda yang di terima jadi makin kecil tegangan pada pin AGC.

Panduan ganti tuner TV

Karna banyak type tuner jadi mesti di perhatikan dahulu type yang terpasang serta juga akan ditukar, biasanya untuk tuner type VS bila ditukar dengan kesamaan type beda sepanjang posisi pin sama akan tidak bermasalah. Untuk pergantian tuner type FS mesti hati hati serta diupayakan sama persis karna bila ditukar dengan type beda ada peluang tidak bekerja normal karna didalamnya ada program tuner yang berlainan.

Tag : kesamaan tuner tv, ciri ciri rusaknya tuner tv, langkah melakukan perbaikan tuner tv, langkah melakukan perbaikan tuner tv yang rusak, analisis rusaknya tuner tv, data pin tuner tv, ciri ciri tuner tv rusak, skema tuner tv, pin tuner tv china, langkah kerja tuner tv

1 komentar: