Mengetahui Spesifikasi Baterai Anda Perlu Tahu

Mengetahui Spesifikasi Baterai - Mengetahui spesifikasi baterai yaitu perlu untuk di ketahui karna sekarang ini baterai dapat kita dapatkan dalam begitu banyak macam spesifikasi sesuai sama keperluan kita. Dengan segera artikel ini memanglah tak ada hubungan dengan servis tv namun tentunya tetaplah berguna untuk seseorang teknisi elektronik atau tukang servis.

Apa sich spesifikasi umum yang ada pada baterai? yang pertama pastinya yaitu type cell yang dipakai, tegangan baterai, arus/kemampuan baterai yang diukur dengan mAH, tegangan charge (bila baterai type rechargeable)

Baik itu type baterai yang dapat di isi ulang atau tidak ada dalam pilihan ukuran standard umpamanya AAA, AA, C atau ada pula baterai tipe D. Yang seringkali didapati yaitu AAA serta AA.

Pilih baterai yang tepat 

Saat kita juga akan pilih baterai jadi mesti sesuai dengan piranti atau alat yang juga akan dipasangkan baterai biasanya baterai AAA yang umum digunakan di remote TV, atau di jam dinding. Ada pula baterai 9 Volt yang umum dimaksud baterai kotak serta banyak dipakai untuk alat ukur. Hati hati dalam penentuan baterai AAA serta AA karna banyak yang tertukar dalam penamaannya, tersebut ketidaksamaan dengan ukuran :

Mengetahui Spesifikasi Baterai Anda Perlu Tahu

Umumnya type baterai AA mempunyai tegangan suplai 1. 5 Volt DC saja (non rechargeable) serta dapat dicek di bodi baterai itu, tegangan ini sudah pasti bila dalam keadaan penuh serta bersamaan pemakaianya tegangan baterai juga akan menyusut.

Arus pada baterai 

Semuanya baterai pada spesifikasinya pasti juga senantiasa ada spesifikasi arus yang umumnya diukur dengan unit mili ampere hours atau disingkat mAH, spesifikasi tunjukkan seberapa lama baterai dapat dipakai pada beban/alat yang dipakai. Umpamanya satu baterai 1900mAH dapat mensuplai 1900mA ke satu rangkain sepanjang 1 jam sebelumnya pada akhirnya habis.

Ketahanan baterai juga akan makin awet bila pemakaian arus nya makin kecil, pada contoh di atas bila arus yang dibutuhkan umpamanya yaitu 190mAH jadi baterai barusan juga akan bertahan sepanjang 10 jam karna pada perhitungannya :

190 mAH x 10 hours = 1900 mAH

Oleh karenanya pada spesifikasi baterai makin tinggi atau makin besar kemampuan arus mAH nya jadi makin lama juga usia dari baterai itu. Baterai AA umumnya yaitu type yang mempunyai arus paling kecil sedang tipe D dapat bertahan cukup lama karna dari sisi fisik juga memanglah semakin besar serta tentunya lebih mahal.

Baterai isi ulang/Rechargeable 

Type baterai isi ulang terdapat banyak type yakni Baterai Ni-Cd (Nickel-Cadmium), NiMH, Li-Ion serta Li-Po yang umum dipakai untuk type ukuran baterai AAA, AA atau baterai kotak yaitu Ni-Cd karna mempunyai daya taruh arus yang cukup lama yakni sekitaran penyusutan arus sebesar 30% per bln.. Untuk ketidaksamaan baterai Ni Cadnium, Lithium ion serta type yang lain juga akan dibicarakan di artikel terpisah ya. Perlu untuk diketahui juga untuk type rechargable ini ada 2 tipe bila dibedakan dari langkah isi ulangnya yakni standar charge serta rapid charge.

Mengetahui Spesifikasi Baterai Anda Perlu Tahu

Baterai rechargeable Standar Charge dalam pengisiannya membutuhkan saat normal sesuai sama kemampuan baterai itu agar dapat terisi penuh sesuai sama kemampuannya. Perhitungan lama charge dapat sesuai dengan besarnya arus yang masuk dikalikan dengan hours/jam berapakah lama sistem charge itu. Contoh perhitungannya :

Standar Charge = Saat yang dibutuhkan X arus yang didapatkan dalam unit mA

Umpamanya baterai 2000 mA juga akan memerlukan saat hingga 10 jam dengan memakai baterai charger yang mempunyai arus 200 mA

Baterai rechargeable Rapid Charge mempunyai keunggulan di mana memberi sistem charge yang lebih cepat hingga irit saat, sudah pasti arus dari charger mesti semakin besar hingga pada charger nya juga umumnya ada label quick charge. Dengan perhitungan arus charge tak ada ketidaksamaan dengan standar yakni tetaplah memakai rumus dibawah

Mengetahui Spesifikasi Baterai Anda Perlu Tahu

Rapid Charge = Saat yang dibutuhkan X arus yang didapatkan dalam unit mA

Umpamanya baterai 2000 mA cuma memerlukan saat 2 jam saja dengan memakai baterai charger yang mempunyai arus 1A (1000 mAh)

Tersebut berikut ini tunjukkan ketidaksamaan kecepatan isi kurun waktu yang sama pada standar serta rapid charge

Sekian artikel ini mengenai mengetahui ukuran baterai serta type macamnya mudah-mudahan berguna.

Tag : baterai aa, ukuran baterai, ketidaksamaan baterai aa serta aaa, spesifikasi baterai, spesifikasi tegangan baterai, kemampuan baterai 9v, batrai aa, ketidaksamaan baterai aa, baterai aaa, baterai kotak 9 volt berapakah mah
Berbagi this :

0 komentar

Posting Komentar