Pengertian Defleksi Yoke Pada Televisi Yang Harus Anda Ketahui

Apakah itu Defleksi Yoke - Pengertian Defleksi Yoke yaitu satu diantara komponen tv yang peranannya yaitu untuk pembelok tanda elektron yang dipancarkan untuk dipertunjukkan ke monitor CRT TV, tanda elektron yang ditembakkan ini dibelokkan dengan horizontal (kanan-kiri) serta vertikal (atas-bawah). Elektron yang ditembakan ke monitor ini bertabrakan dengan fosfor hingga terjadilah sinar di monitor TV.

Bagaimana? telah ada sedikit deskripsinya kan tentang pengertian deflection yoke? 

Karna dengan peranannya yaitu membelokkan elektron dengan horizontal serta vertikal jadi deflection yoke ini ada 2 gulungan yakni gulungan horizontal serta gulungan vertikal. Umumnya sich pada umumnya yoke, gulungan horizontal ada dibagian dalam sedang gulungan vertikal ada dibagian luar, lebih terang nya dapat diliat gambar berikut ini :

Pengertian Defleksi Yoke Pada Televisi Yang Harus Anda Ketahui

Bila di dalam rangkaian TV diperlihatkan digambar di bawah ini

Lantas untuk yang belum juga tahu diagram defleksi yoke seperti apa posisi gulungannya dapat diliat pada gambar berikut ini yang saya ambillah dari sebagian rujukan, saya juga kurang tahu apakah ini berlaku untuk semuanya deflection yoke atau tidak, tetapi yang pasti mungkin saja dapat memberi sedikit deskripsi :

Pengertian Defleksi Yoke Pada Televisi Yang Harus Anda Ketahui

Penambahan sekali lagi, umumnya namun tidak semua juga, gulungan defleksi horizontal senantiasa diikuti dengan kabel berwarna Merah-Biru sedang pada defleksi vertikal umumnya diikuti dengan kabel warna Hijau-Kuning, tentunya untuk yang seringkali memerhatikan konektor dari kumparan defleksi ke PCB mesin TV sudah mengetahui hal semacam ini.

Tanda untuk defleksi horizontal didapat dari tegangan/pulse horizontal yang dikuatkan beberapa ratus kali lipat pada trafo flyback (FBT). Untuk vertikal sudah pasti di ambil dari penguat vertikal/IC vertikal, untuk lebih terang dapat diliat pada gambar berikut ini.

Pengertian Defleksi Yoke Pada Televisi Yang Harus Anda Ketahui

Deflection yoke pada intinya ketika perakitan di pabrik telah distel bersamaan dengan magnet konvergen yang sama sama saja ditempatkan dibagian leher tabung. Hingga bila berlangsung rusaknya serta mesti dikerjakan pergantian jadi mesti distel ulang tempatnya agar penampilan gambar cocok dengan monitor tv.

Bila memanglah ada rusaknya pada gulungan serta mesti ditukar saya anjurkan tak perlu bertanya ke service center TV nya ya karna saya telah sempat ke service center TV yang diservice untuk bertanya harga defleksi yoke tv namun nyatanya mesti satu set dengan tabungnya juga hingga dapat juta-an harga nya untuk TV 29 inch, karna di pabrikan waktu produksinya juga memanglah disetel untuk masing masing tabung crt dengan magnet purity/konvergen.

Sebagian rusaknya deflection yoke yang seringkali berlangsung dan tanda yang muncul pada TV :

  • Gambar menyempit kanan kiri 
  • Bentuk gambar jadi oval 
  • Gambar garis horizontal 
  • Gambar berupa gelombang datar 
  • Transistor horizontal overheat 
  • Transistor horizontal jebol terus 

Dari rusaknya di atas ada gejala-gejala rusaknya tv yang serupa dengan Tv rusak vertikal.

Lantas bagaimana caranya mengukur defleksi yoke/deflection yoke ini agar dapat ditetapkan apakah rusak atau tidak?

Pengertian Defleksi Yoke Pada Televisi Yang Harus Anda Ketahui

Bila diukur kendala dengan Multimeter pastinya nilai resistansi yoke berlainan bergantung ukuran TV juga apakah 14, 21 atau 29 inch namun dari pengalaman serta pencarian ke situs rujukan service tv saya biasanya kendala kumparan horizontal nilainya lebih kecil yakni kisaran 1, 2 – 5 Ohm, sedang kumparan defleksi vertikal mempunyai nilai resistansi 14 hingga 17 Ohm, untuk mengukurnya teman-teman teknisi dapat gunakan analog dengan pengukuran x10, lebih gampang sekali lagi dengan avometer digital agar lebih presisi.

Sekian artikel kesempatan ini mengenai keterangan langkah kerja deflection yoke? selanjutnya saya juga akan berbagi mengenai rusaknya defleksi yoke pada tv. Mudah-mudahan dapat berguna untuk teman-teman teknisi service.

Tag : langkah mengukur resistansi yoke, yoke tv, pengertian defleksi yoke, defleksi, defleksi yoke tv, peranan yoke, gambar yoke pada tv, keterangan mengenai yoke serta jalur horiasontal serta vertikal, defleksi pada tv, gambar defleksi yoke

2 komentar:

  1. halo master, apakah ada perbedaan pada kaki dibelakang dy? punya sy kaki pin nya ada 9

    BalasHapus